Informasi :


Alur Pendaftaran KKN Tahun 2022 Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri

Terdapat dua model pengelompokan mahasiswa dalam pelaksanaan KKN tahun ini, yaitu berbentuk kelompok dan berbentuk individu. Anggota kelompok terdiri atas maksimal 10 mahasiswa / kelompok / desa. Lokasi KKN mahasiswa UNISKA pada dasarnya dapat dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia. Meskipun demikian prioritas lokasi KKN UNISKA berada di wilayah Kediri Raya yang meliputi :

  1. Kabupaten Trenggalek
  2. Kabupaten Tulungagung
  3. Kabupaten Blitar
  4. Kota Blitar
  5. Kota Kediri
  6. Kabupaten Nganjuk

Setelah menentukan model pengelompokan, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pendaftaran KKN pada sistem secara online dengan langkah sebagai berikut :

1. Login pada sistem dengan menggunakan NPM sebagai username dan password masing-masing. Jika NPM tidak dapat digunakan untuk login, maka mahasiswa harus mengurus pendaftaran username dan password ke LPPM dengan membawa KTM;

2. Pilih menu Daftar KKN pada sidebar, mahasiswa akan diarahkan pada halaman pendaftaran kemudian klik tombol Daftar KKN. Lengkapi isian data, setelah semua isian lengkap klik SIMPAN;

3. Pemilihan Kelompok KKN :

a. Jika memilih model kelompok, maka yang dilakukan adalah sebagai berikut ;

  • Anggota kelompok hanya cukup mengentri isian biodata;
  • Penambahan anggota kelompok dilakukan melalui akun Ketua Kelompok;
  • Klik pilihan anggota kelompok berdasarkan nama anggota kelompok;
  • Kemudian klik SIMPAN

b. Jika memilih model individu, maka yang dilakukan mahasiswa adalah langsung klik SIMPAN.

4. Pemilihan DPL :

a. Jika memilih model kelompok, maka yang dilakukan adalah klik nama DPL yang dikehendaki kelompok yang dilakukan oleh akun ketua kelompok;

b. Jika memilih model individu, maka yang dilakukan adalah klik nama DPL.

5. Pemilihan Lokasi KKN kemudian isi data yang meliputi data; Provinsi; Kabupaten/Kota; Kecamatan; Desa/Kelurahan; kemudian klik SIMPAN;

6. Setelah data detail KKN tersimpan, maka selanjutnya yang dilakukan adalah :

a. Klik tombol Print Formulir Pendaftaran kemudian klik print pada pojok kiri atas;

b. Unduh dan Cetak Surat Ijin Fakultas sesuai dengan fakultas mahasiswa pendaftar;

c. Unduh dan Cetak Surat Pernyataan Kesediaan Mahasiswa, diisi dan kemudian ditandatangani oleh mahasiswa.

7. Mintakan tanda tangan Dekan/Kaprodi dan stempel pada berkas Formulir Pendaftaran dan Surat Ijin Fakultas ke fakultas masing-masing.

8. Setelah kelengkapan berkas selesai, mahasiswa diarahkan untuk melakukan pembayaran KKN di BANK BSI dengan biaya sebesar Rp. 900.000,- serta membawa Formulir Pendaftaran yang telah di tanda tangani oleh mahasiswa dan Dekan/Kaprodi berstempel fakultas.

9. Konfirmasikan pembayaran ke bagian keuangan BAUK yang berada di Gedung Kantor Pusat Lt.2 dengan menunjukan bukti pembayaran dari BANK BSI untuk divalidasi dan distempel oleh petugas BAUK.

10. Berikutnya mahasiswa mengurus Surat Rekomendasi Desa ke desa lokasi KKN yang dituju. Mahasiswa juga harus berdiskusi dengan aparat desa untuk menetapkan kesepakatan program kerja. Pada kegiatan ini mahasiswa harus selalu berkoordinasi dengan DPL. Hasil diskusi program kerja dinyatakan dalam bentuk Surat Kesepakatan Program Kerja.

Selanjutnya berdasarkan Surat Rekomendasi Desa dan Surat Kesepakatan Program Kerja mahasiswa menyusun Draft Proposal KKN. Draft ini kemudian diajukan ke LPPM UNISKA untuk diverifikasi oleh Tim Kerja KKN UNISKA 2022 yang dibuktikan dalam bentuk paraf persetujuan pada lembar pengesahan.

Setelah Draft Proposal KKN UNISKA 2022 diverifikasi oleh Tim Kerja KKN UNISKA 2022, selanjutnya mahasiswa atau kelompok mahasiswa menyusun Proposal KKN UNISKA 2022. Penanda tangan pada Lembar Pengesahan Proposal adalah mahasiswa atau kelompok mahasiswa; menyetujui DPL; dan mengetahui Ketua Pelaksana KKN UNISKA 2022.

11. Menyerahkan semua berkas ASLI ke LPPM yang meliputi :

  • Formulir Pendaftaran;
  • Surat Ijin Fakultas;
  • Surat Pernyataan Kesediaan Mahasiswa;
  • Bukti pembayaran dari BANK BSI yang telah distempel oleh BAUK;
  • Surat Rekomendasi Desa;
  • Surat Kesepakatan Program Kerja;
  • Proposal KKN UNISKA 2022 sebanyak 4 (empat) eksemplar.

12. Setelah dinyatakan lengkap dan tervalidasi mahasiswa akan menerima Surat Tugas KKN dari LPPM

13. Setelah mendapatkan Surat Tugas KKN, mahasiswa bisa menggunakan surat tersebut sebagai penanda awal kegiatan KKN di desa yang dituju dan menerapkan program kerja yang telah disepakati di desa yang dituju.

14. Selesai

Setelah pelaksanaan kegiatan KKN selesai mahasiswa (kelompok/individu) melaksanakan Seminar Hasil dan menyerahkan Laporan Akhir KKN 2022 di LPPM.