Informasi :


Alur Pendaftaran KKNM Tahun 2021 Universitas Islam Kadiri

Ada dua jenis pelaksanaan pada tahun ini yaitu Kelompok dan Individu, LPPM membebaskan Mahasiswa untuk memilih jenis pelaksanaan mana yang ingin dipilih, bisa berkelompok ataupun individu.

Untuk pelaksanaan yang bersifat Kelompok Mahasiswa diwajibkan untuk membentuk kelompok, menentukan lokasi (desa) tempat KKNM dan menentukan DPL (Dosen Pembimbing Lapang) sebelum melakukan pendaftaran pada sistem. Adapun ketentuan disetiap Kabupaten dan Kota adalah sebagai berikut :

  • Kabupaten Blitar, Maks. 5 Mhs / Kelompok / Desa
  • Kabupaten Tulungagung, Maks. 5 Mhs / Kelompok / Desa
  • Kabupaten Kediri, Maks. 3 Mhs / Kelompok / Desa
  • Kota Kediri, Maks. 5 Mhs / Kelompok / Desa

Untuk pelaksanaan yang bersifat Individu Mahasiswa hanya diwajibkan untuk menentukan lokasi (desa) tempat KKNM dan menentukan DPL sebelum melakukan pendaftaran pada sistem.

Setelah menentukan jenis pelaksanaan, lokasi (desa) dan DPL, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pendaftaran KKNM pada sistem secara online dengan langkah sebagai berikut :

  1. Login pada sistem denga menggunakan NPM sebagai username dan password masing-masing.
  2. Pilih menu Daftar KKN pada sidebar, Mahasiswa akan diarahkan pada halaman pendaftaran kemudian klik tombol Daftar.
  3. Lengkapi isian data secara lengkap, setelah semua isian lengkap klik Simpan/Daftar.
  4. Pilih DPLuntuk peserta KKNM yang bersifat kelompok pemilihan DPL harus sama dalam satu kelompok.
  5. Setelah tersimpan otomatis tombol cetak Formulir PendaftaranSurat Ijin Fakultas dan Surat Pernyataan Kesediaan Mahasiswa akan muncul. Silahkan untuk mengunduh dan mencetak berkas tersebut.
  6. Mintakan tanda tangan Dekan dan stempel berkas (Formulir Pendaftran dan Surat Ijin Fakultas) tersebut ke Fakultas masing-masing.
  7. Setelah kelengkapan berkas selesai, Mahasiswa diarahkan untuk melakukan pembayaran KKNM di BANK BNI / BNI S dengan biaya sebesar Rp. 850.000,-.
  8. Konfirmasikan pembayaran ke bagian keuangan BAUK yang berada d Gedung Kantor Pusat Lt.2 dengan menunjukan bukti pembayran dari BANK untuk divalidasi dan distempel oleh BAUK.
  9. Berikutnya Mahasiswa mengurus Surat Rekomendasi Desa yang dituju pada desa masing-masing, menentukan kesepakatan program kerja (berkoordinasi dengan DPL yang dipilih) dan membuat proposal kegiatan dilengkapi dengan tanda tangan kelompok/individu, DPL, Lokasi, mengetahui Ketua KKNM 2021.
  10. Menyerahkan semua berkas Surat Rekomendasi Desa dan Proposal Kegiatan pada bagian LPPM untuk diperiksa dan divalidasi.
  11. Setelah dinyatakan lengkap dan tervalidasi Mahasiswa akan menerima Surat Tugas Pengabdian dari LPPM
  12. Setelah mendapatkan Surat Tugas Pengabdian, mahasiswa bisa menggunakan surat tersebut sebagai penanda awal kegiatan KKNM di desa yang dituju dan menerapkan program kerja yang telah disepakati di desa yang dituju.
  13. Selesai

Setelah pelaksanaan kegiatan KKNM selesai mahasiswa (kelompok/individu) melaksanakan Seminar Hasil dan menyerahkan Laporan Akhir KKNM 2021 di LPPM.